Pandemi Tak Menghalangi Minat Mahasiswa, Pekan Karir Nasional yang Digelar oleh UPKK UNP Tembus 300 Lebih Peserta

28/09/2020 | Event

PADANG - Minggu 27 september 2020 UPKK UNP mengadakan kegiatan  PEKAN KARIR NASIONAL (PKN)

PKN (Pekan Karir Nasional) merupakan kegiatan satu kali dalam kepengurusan UPKK yang di handle oleh Departemen Karir. PKN tahun 2020 kali ini, bertemakan “Prepare yourself and explore your potential to make better career in new normal era” . Kegiatan ini di buka oleh Staf Ahli Wakil Rektor III universitas Negeri Padang,  yaitu bapak Dr. Asep Sujana Wahyuri, S.Si M.Pd. Dalam sambutannya, Bapak Dr. Asep Sujana Wahyuri, S.Si M.Pd berharap agar UPKK UNP bisa menjadi leader dalam pembinaan kewirausahaan terutama ditingkat mahasiswa Universitas Negeri Padang, kemudian dapat berkompetensi ditingkat nasional.

Dengan mengundang beberapa organisasi selingkungan UNP, bahkan juga banyak di ikuti dari beberapa universitas lain di indonesia ataupun para undangan umum  yang ikut serta di dalamnya. Kegiatan di mulai pukul 08.00 pagi – pukul 14.30 siang, kegiatan di laksanakan secara online melalui salah satu media conference yaitu zoom meeting dan di hadiri oleh 300 lebih peserta. Pekan karir nasional terdiri dari dua (2) sesi Seminar, sesi satu (1) langsung di bekali  oleh pemateri Putri Rahma Mullia,S.ST menjelaskan bagaimana cara mempersiapkan karir kita dimasa pandemi dan dilanjutkan oleh pemateri Adnan Arafani,S.Pd.,M.Ed yang menjelaskan bagaimana rahasia dalam memenangkan beasiswa, lalu pada sesi dua (2) yaitu oleh pemateri Femil Aggia Putra yang menjelaskan bagaimana pembagian waktu antara bisnis dan kuliah. Pekan Karir Nasional ini mendapatkan kesan positif dari para undangan yang hadir pada saat itu, hal ini dapat di lihat dari banyaknya di antara mereka yang antusias dengan mengajukan pertanyaan kepada pemateri pada saat acara berlangsung.

Ahmad Fajri Soekansa selaku Ketua Pelaksana Pekan Karir Nasioanal mengatakan bahwa PKN ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa untuk siap dalam menghadapi karir setelah masa kuliah yang target utamanya adalah untuk mahasiswa Unp dalam berbagai situasi pada masa dunia kerja. Dan karir disini bukan berarti kita bekerja saja tapi karir juga di sebut dengan rekam jejak atau tingkatan pendidikan kita, dapat juga di sebut dengan karir kita. dan beliau juga mengatakan setelah wisuda kita masih berada di dunia petualang, karena kita belum bisa pastikan bagimana karir kita setelah itu, dengan ini juga tujuan dari upkk untuk memberikan anggota pengetahuan bagaimana tindakan selanjutnya atau tindakan pada dunia kerja. Beliau sangat apresiasi dengan acara tersebut baik itu dengan pelaksanaan maupun dengan antusias peserta yang mengikuti kegiatan ini dan beliau berharap kegiatan positif ini selalu di angkat oleh upkk khususnya, dan juga ukm atau organisasi kemahasiswaan lainya yang memberikan ilmu dan pengalaman satu sama lain.

Salah satu peserta pekan karir nasonal yaitu Mohammad Djidan Afdal Sirail dari Universitas Mulawarman juga mengatakan bahwa pekan karir nasional ini sangat relate dengan kehidupan selama menjadi mahasiswa dan juga mengajarkan hal hal yang bisa di terapkan  di dalam dunia bisnis dan menjadi bekal untuk kedepanya dan beliau berharap pekan karir nasional ini tetap di jalankan dengan materi materi yang menunjang lagi dalam dunia bisnis.